Buku dan Jurnal

2015:

Sedang Tuhan Pun Cemburu (Bentang Pustaka)

Ini adalah buku lama kumpulan tulisan Emha Ainun Nadjib yang dicetak ulang. Saya menjadi penyunting buku. Buku ini bisa didapatkan di sini.

2014:

Selamat Datang Presiden Jokowi (Bentang Pustaka)

Buku yang merupakan kolaborasi banyak penulis terutama yang pada pemilihan umum 2014 lalu menjadi simpatisan atau relawan Jokowi. Saya menjadi editor dan menulis catatan pengantar untuk buku ini. Untuk teman-teman yang tertarik mengkoleksi, buku tersebut bisa diunduh di sini.

Kreativitas Tanpa Batas (Bentang Pustaka)

Buku tentang orang-orang inspiratif yang pernah tampil di Kick Andy. Saya menulis bersama Starin Sani. Bisa didapatkan di sini.

Kick Andy Heroes : Para Pahlawan Penembus Batas (Bentang Pustaka).

Ini adalah buku tentang sosok-sosok inspiratif yang mendapatkan penghargaan Kick Andy Heroes tahun 2013. Buku ini bisa didapatkan di sini.

Gerakan Mahasiswa Sebagai Kelompok Penekan (PolGov Press)

Ini adalah buku yang diangkat dari skripsi Lutfi Hamzah Husin, alumni Jurusan Politik dan Pemerintahan UGM. Saya menulis kata pengantar tentang demitosisasi gerakan mahasiswa.

Menimbang Media Sosial dalam Marketing Politik di Indonesia (Jurnal Sospol UGM)

Dalam artikel di Jurnal Sospol UGM ini, saya menulis tentang penggunaan media sosial dalam kampanye Jokowi-Ahok di pemilihan Gubernur DKI 2012 sebagai bentuk marketing politik dan komunikasi politik baru. Tulisan tersebut bisa didapatkan di sini.

Mereka Bicara Fakta (Insist Press)

Buku yang merupakan hasil lomba blog tentang isu kesehatan. Dalam buku ini saya menjadi penyunting dan memberi kata pengantar buku. Buku ini bisa didapatkan di sini.

2013:

Pers Mahasiswa Melawan Komersialisasi Pendidikan (Indie Book Corner)

Ini buku yang diangkat dari skripsi saya di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM. Isinya membicarakan konteks umum pers mahasiswa pasca-Orde Baru dan secara khusus melakukan analisis wacana atas berita-berita mengenai komersialisasi pendidikan yang diterbitkan oleh Balairung (UGM), Suara USU, dan Catatan Kaki (Unhas). Buku ini hanya dicetak terbatas dan hanya tinggal beberapa buku yang tersisa. Rencananya akan dicetak ulang, semoga tidak lama lagi.

Menjinakkan Komersialisasi Pendidikan (Universitas Muhammadiyah Purwokerto Press)

Buku kumpulan tulisan hasil lomba karya tulis yang diadakan BEM Universitas Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kebetulan saya menjadi juara tiga dalam lomba ini. Saya menulis tentang strategi lepas dari jerat komersialisasi pendidikan.

Media Kooperasi, Kooperasi Media (Insist Press)

Buku tentang media kooperasi sebagai tawaran di tengah industrialisasi media yang semakin masif. Di Gerakan Literasi Indonesia, kami membahas media kooperasi adalah sebuah peluang yang bisa dikerjakan di Indonesia. Buku ini menjadi salah satu strategi untuk mengarusutamakan gagasan tersebut. Penulisnya adalah Dave Boyle, pegiat kooperasi di Inggris. Saya menulis epilog dengan mengontekstualisasikan isi buku ini dengan apa yang terjadi di Indonesia.

Buku ini bisa diunduh secara gratis di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s