Mitologi yang Menyusun Yunani

kover Mitologi Yunani

  • Judul Buku    : Mitologi Yunani
  • Penulis           : Edith Hamilton
  • Penerbit          : Oncor Semesta Ilmu
  • Tebal               : xiv + 314 halaman
  • Cetakan          : 2011

Betapapun fiktifnya, sebuah mitologi mampu menjelaskan alam pikiran manusia di masa lampau. Mitologi bahkan menjadi salah satu elemen yang menopang maju tidaknya sebuah peradaban. Tengoklah yang terjadi di Yunani. Bangunan peradaban negeri di Eropa bagian selatan ini disusun oleh mitos-mitos yang dilahirkan masyarakatnya. Mitos-mitos tersebut dengan jelas menunjukkan sejarah, pandangan hidup, harapan, sampai pemikiran filsafat yang menjadi landasan kehidupan bersama. Mitos-mitos yang penuh dengan imajinasi.

Imajinasi inilah yang kemudian memunculkan hasrat pencarian kebenaran. Mereka yang percaya dengan mitos-mitos tersebut, berusaha membuktikannya lebih jauh. Banyak orang datang ke tempat tertentu untuk menguji kebenaran sebuah kisah. Sementara yang tidak percaya, melakukan kritik yang sekaligus menjadi penjelasan alternatif atas sebuah imajinasi. Bukankah ini adalah ikhtiar mencari kebenaran?

Buku Mitologi Yunani karya Edith Hamilton ini seolah ingin menjelaskan hal tersebut. Hamilton mengatakan bahwa mitologi Yunani adalah sebuah keajaiban. Sementara banyak mitologi dari tempat lain menggambarkan ketakutan manusia kepada kekuatan yang menguasai kehidupan, mitologi Yunani tidak. Mitologi Yunani justru memberikan tempat yang tinggi terhadap keindahan serta kreatifitas manusia. Pesan-pesan mengenai nilai kemanusiaan pun mendapat tempat yang cukup banyak.

Hal ini bisa dilihat dari karya besar pertama Yunani yang sampai saat ini masih menjadi rujukan bagi para peneliti negeri tersebut. Adalah Illiad dan Odyssey, dua karya Homer yang menjadi fondasi awal bagaimana mitologi diciptakan, dipercayai, lantas dihayati dalam kehidupan bersama. Homer dikabarkan hidup dan menciptakan karyanya ini pada tahun 1.000 sebelum Masehi.

Melalui kisah-kisah dalam 314 halaman, Hamilton mengajak kita untuk bertamasya ke dalam imajinasi masyarakat Yunani Kuno. Ada 6 bab yang membagi mitologi Yunani ke dalam beberapa periode waktu. Bab 1-2 mengisahkan tentang permulaan adanya bumi serta cerita cinta dan petualangan. Bab 3-4 membahas mitos-mitos mengenai pahlawan sebelum dan ketika perang Troy terjadi.

Sebelum perang Troy, pahlawan legendaris bangsa Yunani adalah Hercules. Ia adalah pahlawan yang paling dikagumi di seantero Yunani. Hercules adalah manusia setengah dewa yang merupakan putra Zeus, dewa tertinggi dalam mitologi Yunani. Dengan kekuatan seperti dewa, Hercules mampu melakukan apa saja. Diceritakan juga bagaimana Hercules mampu mengalahkan monster-monster yang berusaha menghalangi keinginannya.

Sementara itu, Perang yang terjadi di kota Troy ini menjadi perang yang paling fenomenal dalam mitologi Yunani. Di dalamnya berkelindan kisah tentang kesetiaan serta cinta dan dendam yang menjadi satu. Perang ini diawali oleh Helen yang meskipun sudah bersuami, tetap nekat untuk pergi ke Troy bersama Paris. Meledaklah amarah suami Helen, Menelaus Raja Sparta. Menelaus bersama pasukan dari seluruh negeri di Yunani berbondong menyerang Troy. Dewa-dewa pun ikut campur dalam peperangan. Setelah perang selama 10 tahun, pasukan Yunani menang, dan Troy tinggal menjadi abu.

Bab 5-6 menceritakan tentang kerajaan-kerajaan yang ada di Yunani serta mitos-mitos pinggiran. Ada kisah mengenai Raja Midas yang mampu membuat benda yang disentuhnya menjadi emas. Ada cerita tentang Sisyphus  yang dikutuk Zeus untuk mendorong batu ke atas bukit, dan begitu sudah sampai di atas bukit batu itu jatuh lagi. Masih ada banyak kisah lain yang sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat Yunani.

Beragam mitologi dalam buku ini adalah kisah yang layak untuk dibaca. Bukan untuk percaya terhadap mitologi tersebut, tetapi untuk belajar. Ya, belajar mengenai nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung di dalamnya. Nilai kemanusiaan yang kini lamat-lamat memudar digilas zaman.

Iklan

3 pemikiran pada “Mitologi yang Menyusun Yunani

  1. Saya terserang virus kepo tentang mitologi yunani, kak. Beberapa kali ke toko di kota saya (klaten) tapi ndak ada terus. Cus ke Gramed Jogja, juga ndak ada. Sedih 😦 Pengen banget punya buku ini -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s